nice interview

Holaa.. Banyak niy temen2 kita yang sulit banget nyari kerjaan. Udah apply sana sini tapi belum dapat panggilan juga. Nah seandainya sudah dapat pangggilan untuk wawancara, ini akan menjadi kesempatan emas bisa diterima perusahaan, karena profile yang kita kirim menarik buat mereka. Jangan sia2kan hal ini, karena mungkin gampang2 susah.

Sekedar ingin berbagi, gw pgn bagi2 tips niy buat yang akan menghadapi wawancara ataupun bisa jadi referensi klo seandainya suatu saat nanti akan mendapat panggilan wawancara. Ini dia tipsnyo :

1. datang lah tepat waktu

hal ini sangat penting bagi kalian yang mendapat panggilan wawancara. sebenernya ini sii emg wajib utk semua orang, gak hanya utk saat dapat panggilan wawancara aja. Because what.. disiplin dari segi waktu, bisa menunjukkan seperti apa kpribadiaan seseorang.haha. Klo saat wawancara aja udah telat, apalagi nanti klo kerja. Bisa2 datengnya tiap hari jam 10 lagi..

2. penampilan menarik

karena ini sesi wawancara, palagi utk pelamar pekerjaan, wajib hukumnya kalian memperhatikan penampilan. Dimulai dari atas rambut sampai kaki. Karena banyak juga orang melihat dari segi ini, ada pepatah “first look makes impression”, jadi orang akan memberikan kesan yang baik jika kamu berpenampilan yang sewajarnya. Hargailah diri sendiri! Jangan selalu gunakan pepatah “don’t jugde book by its cover”. Mentang2 pepatah itu bilang demikian, kita jadi gak peduli lagi sama penampilan kita. Kita harus melihatnya dari sisi orang lain, jadi dari sisi pribadi.

Dimulai dari potongan rambut, yang paling aman adalah potongan pendek rapih. klo bisa sii klimis kyak manajer. trus lihat lagi kumis ataupun jenggot. walaupun ada yang bilang klo punya kumis&jenggot tipis itu seksi, tapi terkadang tidak berlaku pada saat orang pertama kali ngeliat kamu.

Untuk wajah, mungkin tidak akan bisa diupgrade lagi kali yaa. So yg penting buat wajah kamu terlihat fresh ajah. Salah satu caranya makanlah makanan yang bergizi, jangan di warteg mulu. Trus juga cukup tidur sebelum wawancara berlangsung.

3. busana yang pantas

karena sedang mencari kerja, gunakanlah busana yang rapih tapi keren and catchy. Gawsa terlalu parlente ataupun glamour. Warna atasan dan bawahan juga perlu diselaraskan. Hal yang paling penting, warna bawahan harus lebih gelap daripada atasan. Bagi yang pria, mungkin lebih kearah menggunakan kemeja lengan panjang dan celana panjang bahan. Dan bagi yang wanita mungkin lebih fleksibel asal jangan terlalu seksi. Buat kesan bahwa kamu adalah seorang profesional yang tidak hanya mengandalkan penampilan dan bentuk tubuh. Sepatu juga diperhatikan, jangan lupa untuk semir sepatunya dulu yaa.

4. Pada saat mendapat giliran masuk ruang wawancara

Nah untuk first impression kamu, usahakan mengetuk pintu terlebih dahulu supaya keliatan sopan. Walaupun sebenernya kamu cablak di luar. hhe. Langsung berikan senyuman tiga jari terbaik kamu. Dan jangan lupa berikan jabatan tangan hangat kamu, gengganglah penuh tangannya dan sedikit erat. Tapi gawsa terlalu keras juga, nanti dia malah kesakitan. Lalu, duduklah setelah diijinkan.

5. menjawab pertanyaan

– Nah yang satu ini banyak yang bilang hal yang tersulit dalam wawancara. Pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan gugup. Anggap bahwa interviewer itu adalah seseorang yang bukan menjadi penentu kamu diterima atau tidak. Ingatlah dia hanya orang biasa yang bisa menjadi teman kamu. Anggap aja dia teman kamu yang sedang membicarakan tentang pekerjaan.

– Jawablah semua pertanyaan setelah interviewer selesai berbicara. Jelaskan dengan kata2 yang jelas dan mudah dimengerti. Dan kebanyakan mikir seperti ada kata sela (umph.., eeee.., apa namanya..). Trus juga jangan sering ulang kata2 (klo.., saya..,mungkin..). Klo ada pertanyaan yg kurang jelas, jangan sungkan untuk bertanya lagi untuk memastikan pertanyaannya.

– Biasanya pertanyaan pertama, dia akan nyuruh jelaskan siapa diri kamu. Jelasin aja secara singkat dan padat. Trus klo ditanya pengalaman, ceritain lah semua yang pernah kamu perbuat pastinyo yg berprestasi lah. Tunjukkan bahwa kamu mampu menyelesaikan setiap masalah yang datang. Tapi jangan juga keliatan banget bahwa kamu orang yang sombong, yang menonjolkan diri sendiri. Pasti interviewer berpikiran nanti kita tidak bisa bekerja sama dengan team, karena rata2 kita bekerja secara team.

– Kadang ada juga banyak pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan. So lebih baik, sebelum kamu wawancara cari tahu tentang perusahaan tersebut sampai ke detail2nya. Trus juga akan ditanya tentang bagian yang kamu inginkan, harus dikuasai penuh juga tuh..

– Untuk gaji, nanti kita akan ditanya berapa yang kita inginkan bila diterima perusahaan. Jawablah sejujurnya yang kamu inginkan. Itung2 dulu berapa nanti biaya kosan sebulan, uang makan, transportasi, hiburan dan buat nabung. Tapi ingat juga, klo kamu belum punya pengalaman apapun, jangan berharap perusahaan akan memberikan gaji yang besar buat kamu. malah nanti mereka akan berpikir dua kali untuk nerima kamu.

6. Selesai wawancara

Setelah semua pertanyaan interviewer selesai, biasanya kliatan tuh dari muka dia. Apakah sukses ato madesu. Nah tebak sendiri lah kira2 sukses ato engga. Tinggal tunggu hasilnya lah.. Jangan lupa untuk ucapkan terima kasi yaa..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s