cukup tidur yang berkualitas.

Manusia bukanlah robot yang dapat bekerja terus-menerus sesuai dengan perintah. Ada kalanya manusia butuh istirahat. Inilah salah satu fitrah terbaik yang diberikan Tuhan. Betapa nikmatnya ketika kita melakukan aktifitas yang melelahkan, lalu diganti dengan istirahat yang cukup. Nah, yang pasti istirahat bisa dilakukan kapan saja. Berbeda dengan tidur yang memerlukan fokus dan istirahat total bagi tubuh kita. Tapi selama kita tidur itu, aktifitas tubuh tetap bekerja lho! Tapi disesuaikan dalam keadaan sedang tidur.

Biasanya seorang dewasa membutuhkan waktu tidur 4-8 jam sehari sesuai dengan kondisi masing-masing. Tapi menurut hemat saya, alangkah sia-sianya jika hidup kita yang sebentar ini hanya dipenuhi oleh kegiatan tidur saja. Memang tidur dibutuhkan bagi tubuh untuk istirahat. Tapi bukan jadinya kita sering istirahat, apalagi dengan menghabiskan banyak waktu untuk tidur.

Rasulullah SAW mungkin mempunyai waktu tidur yang sedikit sekali. Beliau lebih banyak melakukan sholat malam dibandingkan tidur, dan di siang hari pun beliau juga beraktifitas seperti biasa. Apalagi ketika beliau masih berada di Mekah sebelum hijrah. Ketika orang lain mulai tidur, justru beliau berkumpul dengan Sahabat untuk memberikan bimbingan dan hapalan Quran, serta membicarakan masalah Islam. Sedangkan dua pertiga malamnya, beliau mendirikan sholat malam. Lalu kapan waktu tidur beliau?? Namun Rasulullah SAW adalah pribadi yang sehat dan jarang sakit. Menurut riwayat ada yg mengatakan beliau hanya sakit sebanyak 2 dan 3 kali. Alangkah sehatnya beliau yang juga meninggal dalam umur 63 tahun.

Sahabat saya akhi Sayid Qutub yang juga senior di MT Alkhawarizmi pernah berkata bahwa janganlah engkau lelah dalam berdakwah di dunia, waktu istirahat kita hanya di akhirat kelak insya Allah di syurga bersama para nabi dan syuhada. Kata tersebut lah yang selalu teringang dihati saya untuk terus semangat menjalani hidup. Sebelumnya saya termasuk orang yang boros tidur. Dalam sehari bisa menghabiskan 6-8 jam, atau jika sedang kalap bisa 8-12 jam sehari. Saya banyak mengevaluasi diri, bagaimana saya bisa menjadi orang sukses klo kbanyakan tidur daripada berkegiatannya, belajarnya, bekerjanya, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s